Pengembalian barang di Shopee sangat membantu ketika produk yang diterima tidak sesuai. Ikuti tutorial belanja online yang telah dirangkum oleh tim
Cara Pengembalian Barang di Shopee Lengkap dengan proses pengirimannya
Shopee menawarkan fitur pengembalian dan pengembalian dana bagi pengguna yang mengalami masalah setelah berbelanja. Pengembalian barang ke Shopee dapat dilakukan dengan beberapa syarat.
Baca juga
Untuk membayar Shopee PayLater sebelum tanggal jatuh tempo: Ikuti langkah-langkah ini
Shopee Diancam Boikot di Filipina, Kenapa?
6 Tips Best Seller di Shopee yang Wajib Kamu Coba
Cara hapus akun Shopee langsung di aplikasi, gak ribet
Saat berbelanja online, terkadang kita tidak menerima barang yang dijanjikan oleh penjual.
Ada cara bagi Shopee untuk mengembalikan barang yang sudah diatur.
Pastikan Anda menerima pesanan dengan benar sebelum mengklik Pesanan diterima. Ini karena Anda hanya dapat meminta pengembalian dana/refund jika Anda belum memilih ‘Pesanan Diterima’ di halaman ‘Rincian Pesanan’.
Setelah memilih “Pesanan diterima”, jaminan Shopee atas pesanan batal dan pembayaran dilepaskan ke penjual.
Cara pengembalian barang di Shopee
Buka aplikasi Shopee.
Pilih menu Saya.
Kemudian pilih tab Terkirim.
Pilih Pesan.
Kemudian pilih Minta Pengembalian Dana.
Pilih produk yang akan dikembalikan dalam detail pesanan.
Kemudian pilih Alasan.
Sertakan bukti foto atau video dan deskripsi (jika ada).
Pilih solusi yang sesuai.
Kemudian pilih Kirim.
logo Shopee. (Shopee)
Cara pengembalian COD Shopee
Didukung oleh GliaStudio
Kotak foto dan buat video unboxing.
Hubungi penjual melalui obrolan.
Catatan:
Jika pesanan tidak sesuai, dapatkan barang dari kurir terlebih dahulu, jangan langsung ditolak. Anda masih memiliki waktu hingga 3 hari untuk memeriksa paket. Jika ada masalah dengan paket, konfirmasi ke penjual melalui chat di aplikasi. Jangan lupa scan chat dengan seller sebagai bukti saat pengembalian barang nanti.
Minta pengembalian uang tunai saat pengiriman.
Sebutkan alasan pengembalian barang.
Unggah bukti foto dan video.
Mengonfirmasi.
Kirim paket ke penjual.
Bagaimana cara mengirim pengembalian Shopee
Pilih menu Return Details dan klik Select Delivery Service.
Kemudian pilih Drop off shipping untuk pengiriman gratis dan klik Konfirmasi.
Di bagian Informasi Pengiriman, tuliskan nomor pelacakan dan beberapa informasi lain yang diperlukan.
Kemas paket dengan baik.
Tulis alamat dan nomor resi di bagian depan paket.
Kirim paket ke kantor layanan kurir yang dipilih.
Konfirmasi aplikasi untuk mengubah status pesanan menjadi Diproses.
Tunggu 3-5 hari barang sampai di seller.
Tunggu penjual menerima barang, kemudian penjual akan memproses barang sesuai kesepakatan.
Untuk produk Shopee Mall, pengembalian barang diproses dalam waktu 3-5 hari kerja setelah pesanan yang dikembalikan sampai di gudang Shopee. Untuk produk non-Shopee Mall, pengembalian barang akan diproses dalam waktu 7 hari setelah menerima resi atau maksimal 2 hari setelah status pengiriman dikirim (bila menggunakan resi Shopee).
Permintaan pengembalian barang Anda akan diberitahukan melalui notifikasi aplikasi Shopee dan email. Untuk pengembalian, Anda akan diminta untuk mengirim dan mengembalikan produk.
Cara pengembalian barang di Shopee. Jika Anda menemukan pesanan yang tidak sesuai, Anda dapat meminta pengembalian dana atau refund. Semoga informasi di atas membantu.
Baca Juga :