Cara Mudah Mengakses Internet

Cara Mudah Mengakses Internet

Cara Mudah Mengakses Internet
Cara Mudah Mengakses Internet

Setelah Anda mempelajari materi tentang cara-cara penyambungan komputer ke internet, maka Anda akan dapat mendeskripsikan dengan singkat cara untuk mengakses internet. Berikut ini adalah gambaran yang harus dilakukan untuk dapat mengakses internet.

a. Pastikan Anda telah terhubung dengan jaringan koneksi internet, (baca: sejarah perkembangan internet) dapat melalui ISP, melalui kabel telepon, GPRS, atau WIFI. Pada sambungan telepon dan LAN, kabel harus tersambung ke tempatnya dengan benar dan komputer yang digunakan harus mempunyai alamat IP.

Selain itu, Anda memerlukan sambungan ke provider atau hub. Pada sambungan WiFi Hotspot, Anda harus terhubung ke access point dari penyedia layanan HotSpot.

b. Lakukan seting konfigurasi koneksi sesuai jenis jaringan koneksi internet, umumnya akan dilakukan oleh teknisi dari Perusahaan penyedia jasa koneksi internet. Untuk layanan yang menggunakan GPRS, Anda dapat melakukan setting konfigurasi koneksi sesuai dengan provider yang digunakan. umumnya, untuk pengaturan konfigurasi GPRS ini sudah ada petunjuk dari provider yang bersangkutan

c. Cek status koneksi jaringan, kemudian lakukan percobaan apakah koneksi internet telah berfungsi dengan baik.

d. Pastikan di dalam komputer telah terinstal program antivirus yang dapat melakukan proteksi (perlindungan) terhadap data dari penyusupan virus.

e. Aktifkan Pop Up Blocker, agar situs yang di dalamnya terindikasi ada virus atau pelanggaran peraturan, tidak dapat diakses.

f. Bukalah jendela aplikasi internet dengan Internet Explorer.

g. Tuliskan alamat website yang akan dikunjungi pada kolom Address.

h. Gunakan web browser (Internet Explorer, Mozila Firefox, atau Opera) untuk mempercepat proses pencarian objek yang diperlukan. Objek pencarian dapat berupa alamat web, gambar, video, dan sebagainya.

i. Untuk menghemat biaya akses, putuskan sementara koneksi pada saat membaca atau edit objek dan sambungkan lagi pada saat pencarian.

Mengakses internet tidak akan mungkin dapat dilakukan jika Anda tidak mempunyai sebuah web browser. Materi tentang web browser ini akan dibahas lebih mendalam pada subbab selanjutnya.

Baca Juga: