Cara Budidaya Ikan Mas dengan Mudah

Cara Budidaya Ikan Mas dengan Mudah

Cara Budidaya Ikan Mas dengan Mudah

Cara Budidaya Ikan Mas dengan Mudah
Cara Budidaya Ikan Mas dengan Mudah

Budidaya ikan mas paling baik dilaksanakan di kawasan yang terletak pada ketinggian antara 150-1.000 meter dpl. Ikan mas akan berkembang biak dengan cantik dikala dipelihara di dalam air dengan pH sekitar 7-8 dan suhunya berkisar 20-25 derajat celsius. Budidaya ikan mas biasanya ditujukan untuk menghasilkan benih untuk keperluan pasar usaha tani serta menghasilkan ikan mas yang layak konsumsi untuk pasar konsumen akhir.

Budidaya ikan mas paling baik dilaksanakan di kawasan yang terletak pada ketinggian antara Simak Cara Budidaya Ikan Mas dengan Mudah

Di bawah ini langkah-langkah dalam membudidayakan ikan mas bisa Anda terapkan sendiri :

Pembenihan Ikan Mas

Pembenihan ikan mas dimulai dengan memilih calon indukan yang bersifat unggul. Diharapkan ikan indukan yang memiliki sifat demikian bisa menghasilkan ikan-ikan mas dengan produktivitas yang tinggi. Setelah berhasil didapatkan, segera pisahkan ikan jantan dan ikan betina di bak khusus hingga keduanya siap untuk menjalani proses pemijahan.

Setelah kedua indukan ikan mas terlihat sudah matang gonad, selanjutnya ikan-ikan tersebut dimasukkan ke dalam bak pemijahan. Kolam ini harus dilengkapi dengan kakaban yang terbuat dari ijuk sebagai tempat untuk meletakkan telur hasil pembuahan. Kami akan menunjukkan panduan penanganan ikan mas selama proses perkawinan pada artikel berikutnya.

Pembesaran Ikan Mas

Pembesaran ikan mas biasanya menggunakan benih yang berukuran sekitar 10-12 cm dengan bobot mencapai 80-100 gram/ekor. Diharapkan benih ikan yang berukuran ibarat ini sudah mempunyai daya tahan badan yang cantik sehingga risiko kegagalan dapat ditekan. Waktu yang dibutuhkan untuk membesarkan benih ikan mas hingga layak konsumsi umumnya antara 2-3 bulan.

hiu megalodon – Proses budidaya ikan mas biasanya dilaksanakan dengan memanfaatkan bak air tenang, bak air deras, serta bak tumpang sari. Tempat pemeliharaannya biasanya berupa bak tanah, bak tembok, bak terpal, sawah, keramba, serta jaring apung. Simak panduan membesarkan benih ikan mas sebagai berikut. Pembesaran Ikan Mas dengan Kolam Tanah

Kolam tanah merupakan bak yang paling banyak digunakan oleh para petani alasannya pembuatannya yang cukup mudah dan biaya perawatannya pun lebih murah. Keunggulan lainnya yakni bak tanah dapat menyediakan pakan alami bagi ikan berupa cacing ataupun tumbuhan air. Ada dua macam bak tanah yaitu bak tanah yang dilengkapi tanggul tanah dan bak tanah dengan tanggul tembok/batu.

Berikut merupakan panduan pembudidayaan ikan mas menggunakan bak tanah :

  • Tanah yang akan dijadikan bak perlu dibajak terlebih dahulu. Kemudian tanah tersebut dijemur diberikan kapur, ditaburi pupuk, hingga diisi dengan air secukupnya.
  • Pilih benih ikan yang memilik bobot rata-rata 100 gram/ekor dengan kapasitas sekitar 1-2 ekor/m2.
  • Pakan utama yang dapat diberikan berupa pelet yang mengandung protein dengan kadar 25% dan dosisnya sebanyak 3-4% dari bobot ikan mas. Sebagai contoh, ikan mas yang berbobot 100 gram membutuhkan pelet sebanyak 3-4 gram/ekor/hari. Makara apabila bak tersebut berisi 1.000 ekor ikan mas, maka pakan yang dibutuhkan sebanyak 3-4 kg/hari.
  • Berikan pakan kepada ikan mas setiap tiga kali sehari yaitu pada waktu pagi, siang, dan sore hari.
  • Bobot ikan mas perlu ditimbang setiap dua ahad sekali. Ikan yang akan dijadikan sampel dapat dipilih secara acak. Tujuan penimbangan ini yaitu untuk menyesuaikan jumlah kebutuhan gizi yang diharapkan oleh ikan mas tersebut.
  • Pada umumnya, bobot ikan mas yang dipelihara akan bertambah menjadi 300-400 gram/ekor setelah tiga bulan kemudian. Dengan postur tersebut, ikan sudah layak dipanen dan didistribusikan ke pasar.

Pembesaran Ikan Mas dengan Kolam Air Deras

Dinamakan bak air deras alasannya bak ini dilengkapi dengan sirkulasi air yang dapat berputar dengan cepat. Persyaratan utama bak ini yaitu debit air yang besar dan arus yang kuat. Kelebihan bak ini yaitu ikan mas yang dipelihara di dalamnya memiliki nafsu makan yang tinggi dan padat tebar ikan pada bak pun lebih besar.

Kolam air deras biasanya dibuat dengan membagi lahan/areal bak menjadi ukuran yang kecil biar pedoman airnya tetap deras. Kedalaman bak ini umumnya lebih dalam ketimbang bak air tenang. Sedangkan bab dindingnya dibuat dari beton untuk mencegah timbulnya erosi.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dikala membudidayakan ikan mas menggunakan bak air deras yaitu :

  • Kolam air deras membutuhkan debit air yang besar mencapai 25-100 liter/detik dan harus senantiasa lancar.
  • Benih ikan yang cantik berbobot sekitar 100 gram/ekor dengan kapasitas penebaran benih mencapai 30-60 ekor/m2.
  • Pakan yang diberikan harus mengandung protein dengan kadar di kisaran 25-30% dengan syarat pelet harus tahan berada di dalam air dan tidak gampang hancur.
  • Dosis santunan pakan sebanyak 4% dari total berat ikan tersebut. Oleh alasannya itu, timbang sampel ikan secara acak untuk mengetahui bobotnya.
  • Pakan bisa ditebar dengan cara ditebar ke dalam bak atau diletakkan di dalam wadah.
  • Pemberian pakan dilakukan setiap tiga hari sekali ketika pagi, siang, dan sore hari.
  • Ikan mas hasil budidaya memakai bak air deras ini bisa dipanen setelah usianya mencapai 2,5-3 bulan dengan bobot rata-rata 300-400 gram/ekor.