Bahaya dari Memakai Headset Saat Tidur

Bahaya dari Memakai Headset Saat Tidur

Bahaya dari Memakai Headset Saat Tidur

Bahaya dari Memakai Headset Saat Tidur
Bahaya dari Memakai Headset Saat Tidur

 

Selain charger ponsel, headset atau yang juga dikenal sebagai handsfree, adalah salah satu aksesoris ponsel lainnya yang banyak digunakan orang. Selain untuk mendengarkan koleksi musik yang terdapat dalam gadget Sobat Shopee, headset juga memudahkan kita jawab panggilan tanpa harus menempel perangkat pada telinga.

Dibalik manfaatnya headset, tak bisa dipungkiri bahwa pemakaiannya yang berlebih dapat  membahayakan kesehatan. Sudah banyak pengguna headset yang alami celaka karena menggunakan headset secara berlebihan, mulai dari yang kecelakaan di jalan, berkurangnya kualitas pendengaran sampai infeksi saluran pendengaran.

 

Penggunaan headset sebaiknya dipakai hanya pada waktu tertentu dan tidak secara terus-menerus. Salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan pengguna headset adalah memakainya saat tidur, baik sengaja tidur ataupun tidak. Ternyata memakai headset sambil tidur punya bahayanya tersendiri, seperti berikut ini.

 

MENURUNKAN KUALITAS TIDUR

Perlu diketahui bahwa menggunakan headset pada saat tidur memaksa otak masih untuk terus bekerja mengolah suara dari headset. Hal tersebut merusak kualitas tidur, oleh karena itu, sebaiknya Sobat Shopee mengurangi penggunaan headset saat tidur, karena alih-alih tidur untuk istirahat malah membuat kelelahan sebab otak terus bekerja semalaman.

 

MERUSAK OTAK

Jika terlalu sering menggunakan headset pada saat tidur, dapat menyebabkan kerusakan pada otak. Hal tersebut disebabkan oleh gelombang elektromagnetik yang terpancar dari headset yang sebabkan tekanan yang dapat merusak sel-sel otak jika dipakai berlebihan.

 

 

MENGURANGI KEWASPADAAN

Mendengarkan musik dengan headset memang lebih nyaman, namun jika melakukannya dengan volume suara yang tinggi dapat mengurangi kewaspadaan kita pada hal yang terjadi sekitar. Hal ini sangat berbahaya jika dilakukan saat berkendara karena dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Hal ini berlaku juga saat memakai headset saat tidur. Saat kita tertidur, sistem pendengaran masih berfungsi sebagai pengingat alami adanya bahaya yang terjadi di sekitar. Jika Sobat Shopee memakai headset saat tidur, fungsi pengingat alami tersebut takkan berfungsi dengan baik.

 

 

KEMAMPUAN MENDENGAR BERKURANG

Mendengarkan headset terlalu lama terutama pada volume keras dapat menurunkan kemampuan pendengaran seseorang, hal ini juga berlaku  bila dilakukan sambil tidur. Terlalu sering memakai headset dengan volume tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada koklea, organ dalam telinga yang berfungsi untuk menerima getaran suara. Bulu-bulu halus pada koklea bisa rusak karena tempaan suara keras sehingga mengurangi kemampuan pendengaran.

 

 

GANGGUAN AMBANG PENDENGARAN

Memakai headset dengan volume tinggi saat tidur dapat mempengaruhi ambang pendengaran manusia. Dengan terpengaruhnya ambang pendengaran maka suara yang didengar baru akan jelas ketika jaraknya dekat. Lama kelamaan efek ini dapat membuat gangguan pendengaran secara permanen. Oleh karena itu sebaiknya kamu menggunakan headset sesuai kebutuhan saja.

Dari 5 contoh bahaya menggunakan headset di atas, memang sebaiknya Sobat Shopee mulai sekarang tidak menggunakan headset berlebihan dan hanya saat diperlukan saja.

 

Baca Juga :