BAHAN BACAAN

BAHAN BACAAN

BAHAN BACAAN
BAHAN BACAAN

Pada hari jumat, tepatnya pada tanggal 24 saya beserta teman-teman saya harus berkumpul dikampus tidung FIP UNM guna mempersiapkan keberangkatan kami dalam sala satu kegiatan mata kuliah kami yaitu bernama ” PRAKTEK KERJA LAPANGAN BIMBINGAN KARIER” yang tempatnya berada di TANAH TORAJA UTARA. Setelah saya sampai dikampus, saya melihat teman-teman sementara mempersiapkan semua hal-hal yang menyangkut tentang kebutuhan kami selama di TATOR UTARA. Baik itu berupa air mineral,transportasi, penginapan,catering dan para pendamping yang akan membimbing kami selama di TANAH TORAJA UTARA.

Kegiatan ”PRAKTEK KERJA LAPANGAN BIMBINGAN KARIER”  yang kami akan lakukan berlangsung 3 hari 2 malam dan adapun dosen yang mendampingi kami selama ada diTATOR yaitu Dr.Abdullah Sinring,M.Pd, Dr. Farida Aryani,M.Pd, Syahril Buckhori,S.Pd dan satu lagi Ipar dari Pak sinring. Mobil yang kami tumpangi 2 nama mobil itu adalah Rappan Marannu dan Efata dan setelah menempuh kurang lebih 10 jam akhirnya kami sampai ditempat tujuan dengan selamat dan kami menginap di wisma tanah bua dengan 17 kamar ditempati oleh teman-teman 1 kamar untuk pembimbing.

Pagi hari kami pun sarapan dengan pesanan catering dari rumah makan Muslim Mitra, setelah itu kami melanjutkan kegiatan menuju kantor bupati untukmenyambut kedatangan kami, sungguh menggembirakan disambut pemerintah daerah toraja walaupun sesampai disana pihak protokol pemkab toraja tidak menjadwalkan pertemuan dengan bupati namun penyambutan tetap berjalan dan akhirnya penyambutan berlangsung. Disela-sela proses sambutan kami mencoba mengkonsep pertanyaan untuk pihak pemreintah. Sekitar 2 jaman lebih kami ditempat itu dan setelah itu kami langsung mengunjungi tempat wisata yaitu kete’kesu dimana tempat ini terdapat rumah adat khas toraja yaitu tongkonan dan penjual ole’ole khas toraja ditempat ini pula terdapat berbagai peti mati dan tengkorak ditemani beberapa batang rokok dan beberapa uang logam .

Hampir 2 jaman berada ditempat itu dan kami pun melanjutkan ketempat lain selanjutnya kami mengunjungi acara warga toraja yaitu TEDONG SILAGA, kerbau yang diadu berkelahi, antusias masyarakat toraja sangat baik dan kami menikmati sekali acara itu soalnya merupakan pengalaman baru buat kami melihat acara itu.

Meilhat waktu sudah sore akhirnya pun kami meninggalkan tempat itu dan menuju tempat kunjungan selanjutnya, tempat berikutnya yang kami kunjungi adalah PALLAWA, tempat ini terdapat rumah adat khas roraja yang sring dinamakan tongkonan yang berjejeran dan besar dan kelihatan agak ketuaan, nampak beda di tempat yang kami kunjungi sebelumnya, rumah adat yang sungguh sangat cantik dan originil, hampir 2 jaman ditempat itu dan akhirnhya pun kami meniggalkan tempat itu dengan alasan shalat magrib pun telah tiba dan kami pun menuju tempat penginapan istirahat untuk melanjutkan kegiatan esok harinya.

Esok harinya kami menuju ke tempat wisata yang bernama LONDA’ tempat ini terdapat kuburan masyrakat tana toraja yang ditempatkan sesuai dengan marganya masing-masing, ditempat ini pula banyak replika orang-orang asli tana toraja dan tak tidak terlupa tulang belulang berserakan dan ditemani berbagai batang rokok dan uang logam namun ada hal yang unik kami lihat ditempat ini, ada mayat yang dikuburkan sekitar 4 bulanan dan kami pun melihat mayat itu, tampak sekali perbedaanya. Setelah beberapa jam ditempat itu kami meninnggalkan tempat itu dan menuju makassar, diperjalanan pulang kami pun singgah di rumah teman dan sekitaran gunung nona, sungguh pengalaman.

Sumber : https://andyouandi.net/