Bagian Lunak Jalan Lahir

          Pada kala pengeluaran ( kala II) ikut memebentuk jalan lahir segmen bawah uterus, servikc uteri dan vagina. Pada akhir kehamilan 38 minggu serviks lebih pendek dari pada waktu kehamilan 16 minggu. Umumnya serviks disebut matang bila teraba sebagai bibir pada kehamilan 34 minggu.

          Disamping uterus dan vagina otot otot, jaringan jaringan ikat, dan ligament yang berfungsi menyokong alat alat urogenitalis perlu diketahui oleh karena semuanya mempengaruhi jalan lahir dan lahirnya kepala atau bokong pada partus.

          Otot otot yang menahan dasar panggul bagian luar adalah muskulus spingterani eksternum, muskulus bulbokafernosus yang melingkari vagina, dan muskulus perinea transfersus superfisialis. Terdapat juga otot otot yang melingkari vagina bagian tengah dan anus antara lain muskulus iliokogsigeus, muskulus iskiofoksigeus, muskulus perinea transfersus profundus, dan muskulus koksigeus. Lebih dalam lagi ditemukan otot dalam yang paling kuat di sebut diafragma pelvis.

Perinium

          Perineum adalah jaringan yang terletak disebelah distal diagfragma pelvis.perinium mengandung sejumlah otot supervisial, vaskuler, dan berisi jaringan lemak.  Saat persalinan, otot ini sering mengalami kerusakan ketika janin dilahirkan.

  1. Jalan lahir

          Passage atau jalan lahir terdiri dari bagian keras (tulang-tulang panggul dan sendi-sendinya) dan bagian lunak (otot-otot, jaringan, dan ligament). Tulang –tulang panggul meliputi dua tulang pangkal paha (ossa caxae), 1 tulang belakang (ossa sacrum), dan 1 tulang tungging (ossa coxygis).

          Jalan lahir bagian lunak meliputi SBR (segmen bawah rahim), serviks uteri, vagina, otot-otot, jaringan ikat dan ligament yang menyokong alat-alat urogenital. Otot-otot yang menahan dasar panggul:

1)  Bagian luar:

  1. a)Sfingter ani eksternus
  2. b)Bulbokavernosus (melingkari vagina)
  3. c) perinea trans superfisialis

2) Bagian tengah

  1. a) Sfingter urethrae (melingkari urethra)
  2. b) iliokoksigeus
  3. c) iskiokksigeus
  4. d) perinea transverses
  5. e) koksigeus

3)   Bagian dalam

M.levator ani (menahan dasar panggul), menutupi hampir seluruh bagian belakang pintu bawah panggul (PBP/diafraghma pelvis). Bagian depannya berbentuk segitiga yang disebut trigonum urogenitalis (hiatus genetalis) yang di dalamnya berada urethra, vagina, dan rectum. Diafragma pelvis meliputi M. levator ani (pars muskularis) dan pars membranasea, yaitu diafragma urogenitalis yang terdiri dari perineal facia, otot-otot superficialis

 

Baca juga: