Arsip: definisi, fungsi, properti, tipe dan properti

Definisi arsip
Buka baca cepat

Arsip adalah catatan atau surat yang nilai dan kegunaannya harus disimpan.

Selama pengarsipan, arsip (file) diatur, mulai dari pembuatan, penerimaan, pencatatan, dan penyimpanan. Proses pengarsipan menggunakan sistem khusus untuk penyusunan dan pemeliharaan arsip sehingga dapat dipulihkan dengan cepat dan tepat serta dapat dimusnahkan arsip sesuai kriteria tertentu.
Pahami arsip menurut para ahli

Arsip-definisi-fungsi-properti-tipe-dan-properti

Berikut pengertian arsip menurut para ahli antara lain sebagai berikut:

1. Sularso Mulyono

Menurut Sularso Mulyono, pengertian kearsipan adalah menyimpan kertas di gudang yang baik sesuai aturan yang telah ditentukan sehingga setiap kertas dapat dengan mudah dan cepat dikembalikan saat dibutuhkan.
2. I.G. Wursanto

Menurut I.G. Wursanto, pengertian kearsipan adalah kegiatan mengelola atau menata arsip dengan menggunakan sistem tertentu agar arsip dapat dengan mudah dan cepat dikembalikan jika diperlukan.
3. Yohannes Suraja

Menurut Yohannes Suraja, yang dimaksud dengan arsip adalah teks atau catatan yang dibuat dan diterima oleh pemerintah, swasta dan organisasi perorangan yang berkaitan dengan suatu peristiwa atau hak dalam kehidupannya dan dalam gaya apapun, baik secara individu maupun kelompok yang mempunyai fungsi dan fungsi tertentu. disimpan secara sistematis sehingga informasi yang diperlukan dapat tersedia dengan cepat dan mudah.
Baca selengkapnya

4. Agus Sugiarto

Menurut Agus Sugiarto, pengertian arsip adalah kumpulan dokumen yang disimpan secara terjadwal karena mempunyai tujuan agar dapat cepat dipulihkan jika diperlukan.
5. Liang Gie

READ  Nemathelminthes : Pengertian, Ciri, Contoh, Klasifikasi

Menurut The Liang Gie, pengertian arsip adalah kumpulan dokumen yang disimpan secara tertib dan terencana karena mempunyai nilai yang berguna agar dapat cepat ditemukan kembali setiap kali dibutuhkan.
6. Sutarto (1997; 200)

Menurut Sutarto, arsip adalah dokumen yang disimpan secara sistematis karena memiliki tujuan agar dapat cepat pulih jika diperlukan.
7. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Menurut KBBI, arsip adalah dokumen tertulis (surat, ijazah, dll.), Dokumen lisan (ceramah, ceramah, ceramah, dll.) Atau dokumen gambar (foto, film, dll.) Dari masa lalu yang disimpan secara elektronik secara tertulis (di kertas formulir) (kaset, kaset video, disket komputer, dll.), yang biasanya dikeluarkan oleh instansi yang berwenang, harus disimpan dan disimpan di tempat khusus untuk referensi.
Fungsi arsip

Di bawah ini adalah beberapa fitur arsip, termasuk yang berikut ini:
1. Fungsi utama

Arsip primer, yaitu nilai guna arsip yang didasarkan pada pentingnya pembuatan arsip tersebut sebagai penunjang pelaksanaan dan setelah kegiatan selesai. Ini termasuk nilai administratif dalam penggunaan, nilai finansial dalam penggunaan, nilai hukum dalam penggunaan serta nilai ilmiah dan teknologi dalam penggunaan.
2. Fungsi sekunder

Arsip Sekunder, yaitu nilai kegunaan arsip yang didasarkan pada kepentingan satu lembaga / lembaga sebagai alat bukti dan pertanggungjawaban. Ini termasuk nilai guna bukti dan nilai guna informasi.
3. Arsip dinamis

Arsip dinamis adalah arsip yang dibutuhkan secara langsung dalam proses perencanaan dan pelaksanaan. Atau dalam arti lain yaitu arsip yang masih digunakan secara langsung dalam setiap aktivitas perusahaan sehari-hari.

Menurut fungsinya, arsip dinamis memiliki sifat-sifat yang nilai dan maknanya dapat sering berubah. Fungsi arsip dinamis sesuai dengan fungsi dan tujuannya yaitu:
Baca lebih lanjut: Penilaian diri

READ  Jenis media pembelajaran: peran, fungsi, faktor kegunaan

Arsip tidak aktif atau file semi-statis adalah semua file yang jarang digunakan dalam pekerjaan sehari-hari perusahaan.
Arsip aktif adalah semua catatan data yang masih dapat digunakan dalam menjalankan pekerjaannya. Arsip aktif tetap berada di unit administrasi perusahaan selama transisi antara aktif dan tidak aktif.
Arsip semi aktif adalah semua record data yang frekuensi penggunaannya menurun dalam periode transisi antara aktif dan tidak aktif.

 

LIHAT JUGA :

https://tokopediaaplikasi.id/
https://urbanescapesusa.com/
https://multiply.co.id/
https://carbomark.org/
https://finbarroreilly.com/
https://littlehorribles.com/
https://haciati.co/
https://movistarnext.com/
https://ironmanfactory.com/
https://airborn.co.id/