Aplikasi perwujudan wawasan nusantara sebagai satu kesatuan ekonomi

 Aplikasi perwujudan wawasan nusantara sebagai satu kesatuan ekonomi.

 Aplikasi perwujudan wawasan nusantara sebagai satu kesatuan ekonomi

1)      Mewujudkan aspek pemerataan dalam arti sebenarnya. Maknanya bahwa kekayaan wilayah, baik potensial maupun efektif dapat dimanfaatkan sebagai modal dan milik bersama bangsa dan keperluan hidup sehari-hari harus tersedian merata di seluruh wilayah tanah air. Dengan demikian, kekayaan alam tersebut dapat dijadikan modan dan milik bersama bangsa.

Sehubungan dengan hal di atas, kiranya perlu diambil tindakan-tindakan sebagai berikut:

  1. a)Lebih memfokuskan pada upaya untuk memanfaatkan kekayaan tersebut seoptimal mungkin, dengan menerapkan manajemen yang baik.
  2. b)Lebih optimal dalam memanfaatkan kekayaan alam secara baik, sehingga generasi mendatang tidak akan kehabisan sumber daya yang secara melimpah terkandung di bumi Indonesia. Upaya itu misalnya melalui eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam yang dilakukan secara terencana dan bertanggung jawab.
  3. c)Lebih optimal didalam memanfaatkan kekayaan alam sebagai modal dan hidupnya rakyat sehingga tidak lagi tergantung dari pinjaman luar negeri.

Upaya yang relevan dilaksanakan sehingga keperluan hidup sehari-hari tersedia merata di seluruh wilayah tanah air adalah dengan melakukan tindakan sebagai berikut:

(1)   Bagi wilayah yang memiliki sarana transportasi yang langka, perlu dipertimbangkan adanya sentral persediaan yang diperlukan, sehingga keperluan barang-barang tersebut tetap terjamin untuk jangka waktu yang lama.

(2)   Secara berkelanjutan dilakukan pemantauan terhadap terpenuhinya kebutuhan primer masyarakat. Pada saat ada kelangkaan, segera dilakukan market operation (operasi pasar) untuk terjaminnya harga yang stabil, khususnya ketika ada kecenderungan kenaikan harga barang-barang kebutuhan sehari-hari.

(3)   Secara konsisten mendorong pertumbuhan koperasi-koperasi yang mandiri, agar segera dapat mencukupi segala keperluan rakyat sendiri disamping keuntungannya dinikmati oleh rakyat sendiri.

2)      Bagaimana meningkatkan perkembangan ekonomi yang harus serasi dan seimbang di seluruh daerah, tanpa meninggalkan ciri-ciri khas yang dimiliki oleh daerah dalam mengembangkan kehidupan  ekonominya.

agar dapat tercapai perkembangan yang serasi dan seimbang di seluruh daerah perlu lebih didorong berkembangnya kerjasama antar daerah dalam pembangunan, sehingga daerah-daerah dalam suatu wilayah dalam memecahkan masalah-masalah wilayah secara bersama. Hal ini menjadi dasar penting untuk menciptakan landasan ekonomi yang berbasis kebersamaan. Ciri-ciri khas suatu daerah dapat dibedakan antara masyarakat pedesaan dan perkotaan dan untuk mengembangkan daerah tersebut dapat dilakukan:

  1. a)Pembangunan masyarakat pedesaan perlu ditingkatkan pengembangan kemampuan sumber daya manusia termasuk mendorong tumbuhnya swadaya masyarakat.
  2. b)Pembangunan perkotaan perlu memperhatikan perkembangan penduduk, sehingga menjamin lingkungan yang sehat untuk hidup, bekerja dan berusaha. Juga diperlukan konsistensi terhadap peraturan tentang tata ruang sehingga memungkinkan perkembangan kota yang teratur dan terkendali.

baca juga :