Aplikasi Evaluasi Prestasi Belajar

Aplikasi Evaluasi Prestasi Belajar

Aplikasi Evaluasi Prestasi Belajar

Pada prinsipnya, pengungkapan hasil belajar ideal meliputi segenap ranah psikologis yang berubah sebagai akibat pengalaman dan proses belajar siswa. Namun demikian, pengungkapan perubahan tingkah laku seluruh ranah itu, khususnya ranah murid sangat sulit. Hal ini disebabkan perubahan hasil belajar itu bersifat intangible(tak dapat diraba). Oleh karena itu, yang dapat dilakukan guru dalam hal ini adalah hanya mengambil cuplikan perubahan tingkah laku yang dianggap penting dan diharapkan dapat mencerminkan perubahan yang terjadi sebagai hasil belajar siswa, baik yang berdimensi cipta dan rasa maupun yang berdimensi karsa.

Kunci pokok untuk memperoleh ukuran dan data hasil belajar siswa sebagaimana yang terurai di atas adalah mengetahui garis-garis besar indikator (penunjuk adanya prestasi tertentu) dikaitkan dengan jenis prestasi yang hendak diungkapkan atau diukur. Berikut tabel panjang mengenai kunci pokok dalam mengguanakan alat evaluasi yang dipandang tepat, reliabel, dan valid.

            Tabel 1. Jenis, Indikator, dan Cara Evaluasi Prestasi

No. Ranah/ Jenis Prestasi Indikator Cara Evaluasi
1. Ranah Cipta (Kognitif)

·   Pengamatan

1.    Dapat menunjukkan

2.    Dapat membandingkan

3.    Dapat menghubungkan

1.     Tes lisan

2.     Tes tertulis

3.     Observasi

·   Ingatan 1.    Dapat menyebutkan

2.    Dapat menunjukkan kembali

1.    Tes lisan

2.    Tes tertulis

3.    Observasi

·   Pemahaman 1.    Dapat menjelaskan

2.    Dapat mengidentifikasi dengan lisan sendiri

1.    Tes lisan

2.    Tes tertulis

·   Penerapan 1.    Dapat memberikan contoh

2.    Dapat menggunakan secara tepat

1.    Tes tertulis

2.    Pemberian tugas

3.    Observasi

·   Analisis (pemeriksaan dan pemilihan secara teliti) 1.    Dapat menguraikan

2.    Dapat mengklasifikasikan

1.    Tes tertulis

2.    Pemberian tugas

·   Sintesis (membuat paduan baru dan utuh) 1.    Dapat menghubungkan

2.    Dapat menyimpulkan

3.    Dapat menggeneralisasikan

1.    Tes tertulis

2.    Pemberian tugas

2. Ranah Rasa (Afektif)

·   Penerimaan

1.    Menunjukkan sikap menerima

2.    Menunjukkan sikap menolak

1.    Tes tertulis

2.    Tes skala sikap

3.    Observasi

·  Sambutan 1.     Kesediaan berpartisipasi

2.     Kesediaan memanfaatkan

1.    Tes skala sikap

2.    Pemberian tugas

3.    Observasi

·  Apresiasi (sikap menghargai) 1.    Menganggap penting dan bermafaat

2.    Menganggap indah dan harmonis

3.    Mengagumi

1.     Tes skala sikap

2.     Pemberian tugas

3.     Observasi

·  Internalisasi (pengalaman) 1.    Mengakui dan meyakini

2.    Mengingkari

1.    Tes skala sikap

2.    Pemberian tugas yang ekspresif dan proyektif.

·  Karakterisasi (penghayatan) 1.    Melembagakan atau meniadakan

2.    Menjelmakan dalam pribadi dan perilaku sehari-hari

1.    Pemberian tugas ekspresif dan proyektif

2.    Observasi

3. Ranah karsa (Psikomotor)

·  Keterampilan bergerak dan bertindak

1.    Mengkoordinasikan gerak mata, tangan, kaki dan anggota tubuh lainnya 1.    Observasi

2.    Tes tindakan

·  Kecakapan ekspresi verbal dan nonverbal 1.    Mengucapkan

2.    Membuat mimik dan gerakan jasmani

1.    Tes lisan

2.    Observasi

3.    Tes tindakan

Sumber : https://tribunbatam.co.id/typoman-mobile-apk/