Analisis Wacana Tekstual dan Kalimat Imperatif

Analisis Wacana Tekstual dan Kalimat Imperatif

Analisis Wacana Tekstual dan Kalimat Imperatif

Analisis Wacana Tekstual dan Kalimat Imperatif
Analisis Wacana Tekstual dan Kalimat Imperatif
Tulisan ini akan menganalisis lagu Laskar Pelangi. Lagu Laskar Pelangi adalah salah satu lagu yang terdapat dalam album Ost. Laskar Pelangi. Album Ost. Laskar Pelangi adalah album yang berisi beberapa lagu sebagai pengisi dalam film Laskar Pelangi yang disutradarai oleh Riri Riza. Lagu Laskar Pelangi adalah hasil refleksi dari novel karya Andrea Hirata. Lirik lagu Laskar Pelangi mampu mengungkapkan pesan dalam novel tersebut. Pesan-pesan dalam lagu ini tertuang dalam teks-teks atau kalimat yang mengandung tuturan imperatif. Lagu ini akan dianalisis secara tekstual dan mengklasifikasikan bentuk-bentuk kalimat imperatif. Analisis wacana tekstual dalam lagu ini meliputi analisis aspek gramatikal dan leksikal. Aspek gramatikal meliputi pengacuan (reference), penyulihan (subtitution), pelesapan (ellipsis), dan perangkaian (conjungtion). Aspek leksikal meliputi repetisi (pengulangan), sinonimi (padan kata), kolokasi (sanding kata), hiponimi (hubungan atas bawah), dan antonimi (lawan kata).
Kata kunci: wacana, tekstual, gramatikal, leksikal, imperatif

A. Pendahuluan

Nidji adalah grup musik dengan komposisi enam orang awak yang berasal dari Jakarta. Grup musik tersebut terdiri atas Giring (vokal), Rama dan Ariel (gitar), Adrie (drum), Andro (bass), dan Randy (keyboard). Nama Nidji merupakan penyempurnaan dari kata niji yang diambil dari bahasa Jepang yang berarti pelangi. Nidji dapat diartikan sebagai ikatan warna dan konsep lagu yang merefleksikan warna musik mereka yang beragam (Wikipedia, 2009).
Konsep musik yang dianut Nidji adalah modern rock yang memadukan unsur-unsur lain, seperti progresif, funk, alternatif dan pop. Nidji terbentuk pada tahun 2002. Pada tahun 2005 mereka mengawali prestasi yang prestisius dengan mengeluarkan album perdana, yaitu Breakthru’. Setelah sukses dengan album perdana tersebut, pada tahun 2007 Nidji kembali melucurkan album baru bertajuk Top Up. Album kedua ini pun mendapat respon yang positif dari masyarakat. Nidji juga mendapatkan sertifikat Platinum untuk lagu-lagunya
Pada tahun 2008, Nidji menjadi Lead-Band di album kompilasi Ost. Laskar Pelangi dengan lagu berjudul Laskar Pelangi. Lagu Laskar Pelangi adalah representasi dari sebuah novel karya Andrea Hirata. Novel ini adalah salah satu novel yang fenomenal. Novel ini kemudian dijadikan sebuah film dengan judul yang sama yakni Laskar Pelangi. Film ini disutradarai oleh Riri Riza. Untuk mendukung keutuhan film Laskar Pelangi, maka diciptakan album Ost. Laskar Pelangi. Lagu Laskar Pelangi karya kelompok musik Nidji adalah salah satu lagu yang terdapat dalam album lagu tersebut
Lagu Laskar Pelangi tersebut secara tidak langsung merangkum seluruh pesan dalam novel. Novel Laskar Pelangi adalah novel yang sangat menggugah inspirasi pembaca. Pesan utamanya adalah mengajak orang untuk berani bermimpi dan berjuang untuk membuat mimpi itu terwujud. Setiap orang pasti mampu mewujudkan mimpinya apapun kendala yang dihadapi.
Nidji mampu menciptakan lirik dan lagu untuk mengungkapkan pesan dalam novel tersebut. Lagu tersebut bersifat riang, penuh rasa optimis, mengagungkan persahabatan, dan mampu menyulut semangat pantang menyerah. Nuansa religius pun terangkum dalam lagu tersebut. Pesan-pesan dalam lagu ini tertuang dalam teks-teks atau kalimat yang mengandung tuturan imperatif. Lagu ini pun dapat dikonsumsi dari berbagai kalangan dan usia. Banyak nilai pendidikan, motivasi, dan pesan yang terangkum dalam lagu ini, maka lagu ini patut jika digolongkan ke dalam salah satu lagu pendidikan dan patut dicermati serta dianalisis. Selain itu, lirik lagu juga merupakan salah satu jenis wacana yang mempunyai struktur. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk menganalisis lirik lagu Laskar Pelangi secara tekstual dan mengklasifikasikan bentuk-bentuk kalimat imperatif dalam lagu tersebut.