ANALISIS SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI PADA FUNGSI LOGISTIK

ANALISIS SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI PADA FUNGSI LOGISTIK

ANALISIS SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI PADA FUNGSI LOGISTIK

ANALISIS SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI PADA FUNGSI LOGISTIK
ANALISIS SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI PADA FUNGSI LOGISTIK
  1. KELEBIHAN

Aplikasi yang di miliki oleh PT. Cipta Krida yaitu berupa FAST ( Freight Administration and Synchronized Tracking ) dan Web Booking memiliki beberapa kelebihan yaitu :

  1. Mengurangi Biaya

Pemasaran yang berbasis web yang menekankan pada pelayanan swalayan kepada pelanggan, membuat perusahaan mampu menekan biaya pemasaran. Karena semua data telah terorganisasi dalam satu rangkaian yakni sistem web booking yang memungkinkan terjadinya pembelian dan penjualan dalam waktu yang actual.

  1. Meningkatkan efisiensi operasional

Otomasisasi penjualan yang terintegrasi dalam sistem aplikasi FAST dan Web Booking dapat mengurangi risiko turunnya kualitas pelayanan dan mengurangi beban karena konsistennya sistem aplikasi yang dipakai. Selain itu karena input dilakukan sendiri oleh perusahaan pelanggan, maka jika terjadi kesalahan konfirmasinya menjadi lebih mudah.

  1. Peningkatan time to market

Dengan penggunaan web yang selalu dapat diakses kapan saja, memungkinkan perusahaan untuk membawa produk – produk terbaru atau pelayan jasa terbaru ke pasar dengan lebih cepat dengan informasi pelanggan lebih baik. Selain itu juga hambatan waktu, geografis dapat dikesampingkan untuk mempercepat proses pemasaran.

  1. Peningkatan pendapatan

Perusahaan dapat melakukan penjualan dan pelayanan melalui website sehingga peluang dari penjualan secara global tanpa perlu menyediakan upaya khusus untuk mendukung penjualan dan pelayanan tersebut.

  1. Kemudahan akses

Dengan menggunakan aplikasi FAST, pelanggan dapat melakuakn order secara online langsung tanpa ada batasan waktu, sistem pelayanan secara swalayan ini memudahkan akses pelanggan ke perusahaan. Dimaksudkan juga media promosi melalui web pelanggan dapat dengan mudah mencari informasi yang diinginkan, berbeda halnya apabila promosi dilakukan secara manual maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menjelaskan dan melayani pertanyaan dari pelanggan.

  1. KEKURANGAN

Di samping memilki beberapa kelebihan di atas, aplikasi FAST dan Web Booking memiliki beberapa kekurangan diantaranya :

  1. Dapat terjadi kerugian tak terduga.

Dapat terjadi karena gangguan pelayanan yang di sengaja, praktek bisnia keridakjujuran, praktek bisnis yang diselewengkan baik akibat factor manusia atau elektronik.

  1. Menimbulkan pencurian informasi yang berharga.

Hal ini dapat terjadi karena penyebaran informasi rahasia perusahaan kepada pihak yang tidak berhak.

  1. Kerugian karena kehilangan kesempatan bisnis akibat aspek non teknis.

Dapat digambarkan ketika sebuah perusahaan sedang mengejar omzet penjualan, namun terjadi gangguan pada sistem satelit atau pada sistem listrik yang dapat menggangu proses input order kepada perusahaan. Hal ini tentunya menimbulakan kerugian tersendiri bagi perusahaan.

Sumber : https://student.blog.dinus.ac.id/blogtekno/seva-mobil-bekas/