Air Terjun Temam - Niagara Mini Lubuklinggau

Air Terjun Temam – Niagara Mini LubuklinggauAir Terjun Temam - Niagara Mini Lubuklinggau

Berlokasi di sebelah selatan kota Lubuklinggau,

tepatnya di Kelurahan Rahma Kecamatan Lubuklinggau Selatan I, terdapat sebuah lokasi wisata alam berupa air terjun yang disebut warga setempat dengan nama air terjun Temam.

Banyak yang menyebut air terjun ini adalah Air Terjun Niagara Mini karena kemiripannya dengan Air terjun Niagara yang berada di Amerika Serikat. Bentuknya yang memanjang dan mirip tirai raksasanya tetapi Air Terjun Temam ini lebih kecil ukuranya. Air Terjun Temam ini berasal dari aliran sungai Temam yang masih bersih dan terbebas dari sampah, jadi tidak perlu khawatir untuk tetap bisa menikmati dan bermain air di area air terjun ini.

Air Terjun Temam berbeda dengan air terjun tinggi menjulang yang biasa kita temui, air terjun yang terbentuk secara alami ini memiliki bentuk memanjang yang berukuran tinggi sekitar 12 meter dan lebar mencapai 25 meter. Keunikan batu yang berbentuk celah dan melengkung dibawah air terjun ini banyak dimanfaatkan oleh pengunjung yang duduk-duduk sambil menikmati sensasi jatuhnya air dihadapan mereka.

Keberadaan air terjun Temam sebenarnya sudah cukup lama diketahui oleh masyarakat Lubuklinggau. Namun selama ini, belum terlalu banyak masyarakat berkunjung ke tempat ini. Selain masih minimnya sarana dan prasarana pada saat itu, juga lokasi wisata ini belum tertata dengan baik. Tapi kini, air terjun Temam sudah disulap sedemikian rupa. Fasilitas-fasilitas penunjang layaknya sebuah tempat wisata, juga sudah dibangun oleh pemerintah.

Mulai tertatanya lokasi wisata alam air terjun Temam pada tahun-tahun belakangan ini, menjadi magnit tersendiri bagi masyarakat untuk mengunjungi lokasi ini. Kini, cukup banyak masyarakat yang mengisi datang kelokasi ini untuk mengisi liburan bersama keluarga.

Banyak cara untuk mengagumi air terjun ini. Dengan cara berfoto narsis dari atas dan dengan background air terjun, dengan hanya duduk didepan air terjun sambil menikmati hempasan embun air terjun dan dengan mendekat sambil bermain air di kolam yang berada di bawah air terjun. Kadang ada juga anak asli masyarakat sekitar yang berani terjun dari atas air terjun ke kolam yang mempunyai kedalaman sekitar 4 meter itu.

Air Terjun ini sangat sayang untuk dilewatkan apabila saat kita berada di Propinsi Sumatera Selatan, dari pintu masuk suara gemuruh air sudah menghiasi indera pendengaran kita. Dengan akses melewati anak tangga berjumalah kurang lebih 100 anak tangga yang sudah bersih dan tertata rapi dan melewati rindangnya pepohonan disekitar perjalanan. Sesampai di air terjun dengan pelataran yang luas bisa langsung menikmati atau beristirahat dahulu di beberapa tempat untuk istirahat yang berbentuk cendawan raksasa lengkap dengan tempat duduknya

Tak hanya bisa dinikmati pada siang hari. Keindahan air terjun Temam pun bisa dinikmati pada malam hari. Pemerintah setempat sengaja memasang lampu laser berwarna-warni, untuk memercantik air terjun ini. Jika mengunjungi lokasi wisata ini pada malam hari, maka pengunjung bisa menikmati pancaran lampu laser yang diarahkan ke air terjun, sehingga menimbulkan warna-warni indah untuk dipandang.

 

Sumber: https://blog.fe-saburai.ac.id/ini-yang-baru-dari-ios-11-beta-7/