Ahli fungsi Guru Adaftif Menjadi Guru Mata Pelajaran Produktif

Ahli fungsi Guru Adaftif Menjadi Guru Mata Pelajaran Produktif

Ahli fungsi Guru Adaftif Menjadi Guru Mata Pelajaran Produktif
Ahli fungsi Guru Adaftif Menjadi Guru Mata Pelajaran Produktif

Ahli fungsi Guru Adaftif Menjadi Guru Mata Pelajaran Produktif adalah Salah satu arah kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan, meningkatkan kualitas pendidikan vokasi serta pendidikan dan pelatihan keterampilan kerja.

Untuk mendukung kebijakan tersebut, Presiden telah mengeluarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia.

Melalui Inpres ini, Mendikbud diinstruksikan untuk meningkatkan jumlah dan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) di SMK.

Menindaklanjuti Inpres tersebut dan dalam rangka penataan dan pemenuhan guru produktif di SMK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan perlu melakukan cara strategis pada tahun 2016.

Yaitu akan melaksanakan Program Sertifikasi Pendidik Dan Sertifikasi Keahlian Bagi Guru SMK/SMA atau yang dikenal dengan program Alih Fungsi. Dengan program alih fungsi guru tersebut, diharapkan dapat memenuhi kekurangan guru produktif di sekolah menengah kejuruan (SMK).

Manfaat

  •     Guru memperoleh sertifikat pendidik dan sertifikat keahlian sesuai dengan kompetensi keahlian.
  •     Proses pembelajaran di SMK lebih optimal sesuai dengan prinsip profesionalisme dan kewirausahaan.
  •     Lulusan SMK mempunyai kompetensi yang sesuai dengan bidang keahlian sehingga mampu bersaing di dunia kerja terutama menghadapi MEA.

Daftar materi yang bisa diunduh/download

Untuk mendownload daftar materi sasaran ahli fungsi, Anda bisa mengunjungi halaman webside resmi dari alihfungsi.gtk.kemdikbud.go.id. Untuk Info lebih lanjut silahkan kunjungi halaman resmi Ahli fungsi.

Baca jugaa rtikel: