Turunkan Angka Kebakaran, DPPK Kota Bandung Latih 1.250 Warga

bandungekspres.co.id, SUMUR BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung terus melakukan upaya menurunkan angka kebakaran. Sekretaris Dinas Pencegahan Penanggulangan Kebakaran (DPPK) Kota Bandung, Rachmat Hidayat mengatakan, sebagai upaya pencegahan, pihaknya sudah sering menyelenggarakan pelatihan dan penyuluhan penanganan kebakaran untuk seluruh elemen masyarakat. Mulai dari siswa TK, organisasi kemasyarakatan, aparatur sipil negara, hingga sektor swasta.

Dirinya mengimbau masyarakat untuk memahami penanganan kebakaran agar bisa mengatasi kebakaran sejak dini. Peran masyarakat dalam upaya mengatasi bencana amat penting dan diatur oleh regulasi.

”Setiap kejadian kebakaran umumnya tidak akan langsung berskala besar, tapi pasti dari skala kecil dulu. Yang skala kecil itu diharapkan warga mampu melakukan pemadaman sebelum petugas turun,” ucap Rachmat dalam Bandung Menjawab di Media Lounge Balai Kota Bandung belum lama ini.

DPPK Kota Bandung dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya dibantu oleh relawan yang disiapkan oleh DPPK. Relawan tersebut berasal dari masyarakat berjumlah 15 orang di setiap kelurahan. Mereka telah dilatih untuk bisa menjadi penolong pertama jika terjadi kebakaran dan bencana lainnya di kewilayahan.

”Hingga kini sudah ada 1.250 orang yang sudah diberi pelatihan,” terangnya. Pelatihan tersebut termasuk pula pendidikan pencegahan, seperti cara penggunaan gas elpiji dan listrik yang aman. Sebab kedua hal tersebut merupakan faktor penyebab kebakaran yang paling sering terjadi.

Dengan sistem tersebut, angka kejadian kebakaran menurun. Tahun 2015 tercatat 166 kejadian, sedangkan tahun 2016 per bulan November tercatat 96 kejadian.

Meskipun demikian, saat ini Rachmat mengaku pihaknya masih kekurangan personel untuk menangani kejadian kebakaran atau bencana lainnya. Idealnya, DPPK Kota Bandung memiliki 350 orang personel lapangan. Kondisi eksisting sekarang hanya ada 192 personel.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR