Awas Ancaman Banjir Bandang di Selatan Jawa

PAKAI PERAHU: Warga beraktivitas di kawasan Baleendah yang terendam banjir akibat luapan Sungai Citarum, Kabupaten Bandung, beberapa waktu lalu.

bandungekspres.co.id, JAKARTA – Potensi bencana alam cukup tinggi akhir tahun ini. Khususnya di kawasan rawan longsor di selatan Jawa. Ancaman tersebut makin meningkat seiring curah hujan yang diprediksi kian tinggi hingga sepekan ke depan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan potensi peningkatan hujan lebat hingga 1 Desember. Sebaran potensi hujan lebat itu hampir merata di seluruh Indonesia. Di antaranya, Sumatera bagian utara, Banten, Jabodetabek bagian selatan, Jawa Barat bagian barat dan selatan, Jogjakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan bagian utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Papua bagian utara.

Kabaghumas BMKG Hary Tirto Djatmiko menuturkan, puncak musim hujan 2016-2017 di Indonesia akan terjadi pada periode Desember-Januari-Februari. Sampai Desember 2016, sebagian besar wilayah Indonesia (96,7 persen) memasuki musim hujan. Sedangkan sisanya memasuki puncak musim hujan mulai Januari hingga Mei 2017. ”Hujan dengan intensitas sedang dan durasi lama harus diwaspadai,” ujar Hary kemarin.

Dia menuturkan, hujan dengan intensitas waktu yang lama itu dapat memicu terjadinya ancaman bencana banjir dan longsor. Itu juga bisa memicu bencana hidrometeorologis lain seperti angin puting beliung, banjir, dan gelombang tinggi.

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) juga mengeluarkan peringatan dini potensi pergerakan tanah atau tanah longsor. Bahkan, peta prakiraan wilayah potensi terjadi gerakan tanah itu telah didistribusikan ke gubernur, bupati, wali kota, hingga ke badan penanggulangan bencana daerah (BPBD).

Isinya, antara lain, potensi tanah longsor kategori menengah dan tinggi hingga potensi banjir bandang. Di Jawa Timur potensi tanah longsor itu, antara lain, terjadi di Ngantang (Malang); Nglegok, Garum, Gandusari, dan Pogok (Blitar); serta Kandangan, Kepung, Puncu, dan Ngancar (Kediri).

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR