Mutasi Atlet Lemahkan Pembinaan

CIMAHI – Sekretaris Umum (Sekum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Cimahi, Elvis Pongsapan mempertanyakan target Kabupaten Bekasi yang ingin menjadi juara umum di Pekan Olahraga Daerah (Porda) XII/2014 mendatang.

Sebabnya kata dia, selama ini Kabupaten Bekasi yang akan bertindak sebagai tuan rumah di ajang kejuaraan olahraga daerah empat tahunan tersebut minim akan atlet berkualitas.

Meski pada Porda XI/2010 sebelumnya, Kabupaten Bekasi berada di peringkat tiga dengan perolehan 53 medali emas, 41 perak dan 54 perunggu, hal itu tidak dapat menjadi patokan di Porda XII/2014 nanti tuan rumah akan dengan mudah menyabet gelar juara umum.

Elvis menilai, tuan rumah Porda saat ini melakukan segala cara agar target juara umumnya dapat tercapai, seperti mendatangkan atlet-atlet berkualitas dari daerah atau provinsi lain atau dengan kata lain melakukan pembelian atlet yang dipersiapkan untuk menghadapi Porda saja. Setelah Porda kemungkinan atlet tersebut akan membela provinsi asalnya.

’’Seharusnya juga KONI Jabar mengambil tindakan. Karena dengan cara itu (pembelian atlet) akan berdampak pada pembinaan yang selama ini dilakukan tiap daerah menjadi tidak berjalan,’’ ujar Elvis saat dihubungi melalui telepon selularnya, kemarin (20/6).

Dengan begitu ia berharap, pengambilan atlet dari luar dihindarkan, agar pembinaan yang telah dilakukan setiap daerahnya dapat berjalan dengan baik.

’’Porda itu kan langkah pembinaan untuk PON (Pekan Olahraga Nasional). Sekarang kalau diisi dengan atlet-atlet luar Jabar, pembinaan yang telah kita lakukan tidak ada artinya. Jadi seolah-olah kita bertumpu pada daerah lain. Padahal kita juga mampu untuk menyumbangkan atlet-atlet terbaik,” tegasnya. (gin)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR