Bijak Pilih Makanan

Dinkes dan Dispertapa Akan ‘Duet’ di Pasar

SUPRATMAN – Permintaan pasar yang tinggi terhadap bahan pangan menjelang bulan Ramadan, membuat harga dari setiap kebutuhan pokok menjadi melonjak. Hal itulah yang sering dimanfaatkan oleh oknum pedagang, yang melakukan kecurangan dalam berdagang. Salah satunya dengan menjual daging oplosan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung akan melakukan pengawasan terhadap berbagai makanan yang beredar di masyarakat. Baik itu di pasar tradisional, maupun di pasar modern seperti supermarket.

“Kita dari Dinkes akan melakukan pemantauan, namun lebih ke makanan dan minuman yang sudah jadi. Kalau untuk makanan mentah, kita akan koordinasi dengan Dinas Pertanian Tanaman dan Pangan kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara kepada Bandung Ekspres, kemarin (12/6).

Namun dirinya menambahkan, pihak Dinkes sendiri akan ikut terjun langsung jika aka diadakan operasi pasar. Hal itu dilakukan karena semakin tingginya jumlah pembelian masyarakat terhdap bahan pangan, tingkat kecurangan pun menjadi semakin tinggi.

“Kalau ada pemeriksaan seperti operasi pasar, kita akan ikut turun bersama dengan pihak-pihak terkait lainnya” ujarnya.

Lebih lanjut Ahyani menyebutkan, selain melakukan pemantauan terhadap para pedagang, pihaknya pun akan gencar melakuakan sosialisasi terhadap masyarakat. Menurutnya, hal itu sangat penting agar masyarakat bisa lebih bijak dalam memilih sebelum melakukan pembelian.

“Yang penting juga, kita akan lakukan terus imbauan-imbauan kepada masyarakat, agar bisa lebih bijak dan hati-hati dalam membeli makanan,” tutupnya. (nug)

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR